Kenalkan Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIS SMAN 11 Pinrang

//Kenalkan Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIS SMAN 11 Pinrang

Kenalkan Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIS SMAN 11 Pinrang

SMAN 11 Pinrang melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) Ketua OSIS periode 2022/2023 Kamis (29/09/2022). Pelaksanaan pemilu merupakan implementasi demokrasi yang dikenalkan pada siswa/siswi SMAN 11 Pinrang.

Terdapat empat calon ketua OSIS yang berhasil lolos mengambil nomor urut pada periode kali ini. Nomor urut pertama yakni Nabila Ilyas (XI MIPA 1) dan Nurfadillah Sultan (XI MIPA 3), nomor urut kedua yakni Syamsul (XI MIPA 1) dan Ratu Nabila (XI MIPA 2), nomor urut ketiga yakni Muh. Maulana Marwan (XI MIPA 1) dan Naila Fitri Hasan (XI MIPA 3), serta nomor urut 4 Ahmad Abyan Zakir (XI MIPA 2) dan Nurfahmi Natasya (XI MIPA 2).

Proses pemilihan dilakukan sebagaimana cara pemilihan secara demokrasi, yakni setiap siswa akan masuk ke bilik-bilik suara untuk melakukan pencoblosan dengan diberikan surat berupa gambar empat calon ketua OSIS yang nantinya akan dipilih. Setelah mencoblos, surat suara kemudian dimasukkan dalam kotak suara. Kemudian diakhiri dengan menyelupkan jari ke tinta ungu sebagai penanda jika siswa tersebut telah menggunakan hak pilihnya.

Wakil Kepala Kesiswaan SMAN 11 Pinrang Syaifuddin, SH., S.Pd., M.Pd yang telah mengawasi jalannya proses pemilihan mengatakan bahwa pemilihan dilaksanakan dengan beberapa prosedur hingga terpilih beberapa calon yang kemudian berhak mendapatkan nomor urut.

“Siswa tidak langsung mendapatkan nomor urut, tapi sebelumnya harus melewati seleksi yang dimulai dari adminsitrasi kemudian wawancara. Dari hasil wawancara terpilih 4 pasang calon ketua OSIS yang kemudian mengambil nomor urut serta dilanjutkan dengan menyampaikan visi dan misi kepada siswa SMAN 11 Pinrang yang kemudian diakhiri dengan pelaksanaan pencoblosan”.

Ia pun menuturkan tujuan dari pemilihan ketua OSIS yang digelar dengan tujuan agar siswa dapat menggunakan hak pilihnya demi terwujudnya sistem organisasi yang baik disekolah serta diharapkan siswa akan mampu menerapkannya di lingkungan masyarakat.

By |2022-10-20T00:37:21+00:00September 29th, 2022|Uncategorized|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment