SMAN 11 Pinrang Gelar Perayaan Hasil Belajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema “ Kearifan Lokal”

//SMAN 11 Pinrang Gelar Perayaan Hasil Belajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema “ Kearifan Lokal”

SMAN 11 Pinrang Gelar Perayaan Hasil Belajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema “ Kearifan Lokal”

SMAN 11 Pinrang telah meyelenggarakan Perayaan Hasil Belajar dalam bentuk Pameran Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka yang diikuti oleh siswa Kelas X dengan jumlah 120 siswa. Dalam pameran karya ini, mengusung tema Kearifan Lokal, yang dibentuk dalam 3 sub tema yakni, Olahraga dan Kesenian Tradisional, Penelusuran Situs Sejarah, serta Makanan Tradisional.

Kepala UPT SMAN 11 Pinrang yakni Drs. Syukur, M.Pd mengatakan bahwa “Tema Kearifan Lokal ini dipilih agar siswa mampu mengenal serta melestarikan kearifan lokal yang ada di Kab. Pinrang serta mampu memetik nilai-nilai yang sesuai dalam profil pelajar pancasila, yakni beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, kebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif”.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 pekan, dengan pameran hasil belajar pada pekan ketiga yakni Rabu, 28 September 2022 di Lapangan Upacara serta Aula SMAN 11 Pinrang. Acara dimulai dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengaan penampilan yang menawan dari tim kesenian yang menyajikan tarian yang bertema Cenning Lara. Kemudian dilanjutkan oleh penampilan dari Tim Olahraga yang menampilkan beberapa olahraga tradisional, yakni Maggasing, Mallongga dan Massallo.

Niladatika, S.Pd selaku salah satu koordinator proyek mengatakan, “proses siswa untuk menyiapkan penampilan selama 2 minggu tidaklah sia-sia. Penampilan tersebut berhasil menarik perhatian para penonton termasuk dari para tamu undangan. Setiap penampilan juga menceritakan filosofinya membuat orang semakin tertarik”.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Datu Sawitto, Drs. H. Bau Sawerigading bersama dengan Juru bicara Datu Sawitto, Drs. H. Andi Pabisseangi, M.Si, serta turut hadir pula pengawas UPT SMAN 11 Pinrang, Djasman M. Tanreso, M.Si M.Pd, Dinas Pariwisata Kab.Pinrang, serta orang tua siswa kelas X.

Adapun kegiatan pameran yang dilaksanakan di Aula SMAN 11 Pinrang menampilkan karya dari setiap Subtema, seperti Situs Sejarah dengan Mading 3G Bendung Benteng, makanan tradisional khas Sulawesi yakni Toppa’ Lada, Palekko, Konro, Nasu Likku’, dan kue tradisionalnya seperti Roti Berra’, Katirisala, Bandang Lojo, dan Dadara’ Balanda yang kemudian menghasilkan rangkuman makanan tradisional tersebut dalam buku resep. Kesenian dan Olahraga menampilkan mading yang berisi proses mereka selama P5.

Juru Bicara Datu Sawitto, Drs. H. Andi Pabisseangi, M.Si dalam sambutannya mengapreasiasi kegiatan P5 ini dengan mengangkat tema kearifan lokal.

“Semoga nilai-nilai dalam kearifan lokal dapat ditanamkan di lingkungan SMAN 11 Pinrang, maupun diluar SMAN 11 Pinrang. Menaati aturan-aturan yang telah ditentukan oleh Kepala Sekola diruang lingkup sekolah. Semoga kearifan lokal baik sejarah, makanan tradisional, kesenian dan olahraga mampu diperkenalkan serta dilestarikan”.

By |2022-10-08T08:35:23+00:00September 29th, 2022|Uncategorized|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment